Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan

Dengan mengunjungi dan/atau menggunakan situs web www.jasamedika.co.id dan www.bottis.id meliputi piranti lunak, bantuan, dokumen, dan layanan lainnya yang disediakan dalam situs web ini, Anda setuju untuk terikat dengan Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan ini.

Sebelum menggunakan situs web www.jasamedika.co.id dan www.bottis.id beserta semua layanan di dalamnya, mohon untuk membaca dengan seksama Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan ini. MOHON DIPERHATIKAN BAHWA DENGAN MENGUNJUNGI DAN/ATAU MENGGUNAKAN SITUS WEB www.jasamedika.co.id dan www.bottis.id BERARTI ANDA SETUJU DENGAN SYARAT DAN KETENTUAN PENGGUNAAN LAYANAN.

Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan ini berlaku untuk situs web resmi PT Jasamedika Saranatama www.jasamedika.co.id meliputi portal Bottis www.bottis.id beserta Layanan (produk dan jasa) di dalamnya dan semua situs web lain yang berhubungan dengan situs web resmi www.jasamedika.co.id dan portal Bottis www.bottis.id yang disediakan oleh PT Jasamedika Saranatama dan afiliasinya.

1. Definisi

1.1.  Istilah berikut yang digunakan di dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan ini memiliki pengertian sebagai berikut:

1.1.1.      Hukum yang Berlaku

Adalah seluruh peraturan dan perundang-undangan yang terkait dengan dan/atau pengelolaan data pribadi yang berlaku di Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada Undang – Undang No. 11 Tahun 2018 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (beserta perubahannya), Peraturan Pemerintah No. 82 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik dan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 20 Tahun 2016 Tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik.

1.1.2.      Layanan

Merupakan produk dan jasa yang disediakan oleh PT Jasamedika Saranatama, meliputi namun tidak terbatas pada; penggunaan situs web www.jasamedika.co.id dan www.bottis.id, content, software, hardware, support/bantuan.

1.1.3.      Content

Adalah tulisan, gambar, audio/video.

1.1.4.      Software

Adalah layanan produk berupa piranti lunak milik dan/atau dikembangkan oleh PT Jasamedika Saranatama meliputi portal penjualan Bottis, termasuk namun tidak terbatas pada aplikasi Windows, Linux, Android, dan IOS.

1.1.5.      Hardware

Adalah layanan produk berupa piranti keras milik dan/atau dikembangkan oleh PT Jasamedika Saranatama meliputi portal penjualan Bottis, termasuk namun tidak terbatas pada Kios-K, Tele-EKG.

1.1.6.      Dukungan

Adalah layanan produk dan/atau jasa berupa support/bantuan meliputi namun tidak terbatas pada sumber daya manusia, user manual, dan dokumentasi.

1.1.7.      Penggunaan Layanan

Adalah kegiatan berupa kunjungan situs web dan penggunaan dan/atau pembelian Layanan yang disediakan oleh PT Jasamedika Saranatama.

1.1.8.      PT Jasamedika Saranatama

Adalah PT Jasamedika Saranatama meliputi portal penjualan Bottis.

1.1.9.      Pengguna Layanan

Adalah pengunjung situs web www.jasamedika.co.id dan www.bottis.id, serta yang menggunakan dan/atau membeli produk dan jasa yang disediakan oleh PT Jasamedika Saranatama.

1.1.10.  Afiliasi

Merupakan perusahaan dan/atau pihak pengendali salah satu perusahaan dan/atau pihak, anak perusahaan salah satu perusahaan dan /atau pihak, atau perusahaan dan/atau pihak yang berada dalam satu pengendalian dengan PT Jasamedika Saranatama.

1.1.11.  Mitra

Merupakan perusahaan dan/atau pihak yang bekerja-sama secara langsung dengan PT Jasamedika Saranatama dalam penyediaan layanan. 

1.1.12.  Para Pihak

Adalah PT Jasamedika Saranatama dan Pengguna Layanan secara bersama-sama.

1.1.13.  Pihak Ketiga

Adalah perusahaan dan/atau pihak yang bekerja-sama secara tidak langsung dan/atau tidak berhubungan langsung terhadap Layanan, namun memungkinkan berperan dalam penyediaan Layanan, seperti; penyedia jaringan, kurir, payment gateway, dan lainnya.

1.1.14.  Portal

Adalah salah satu saluran penjualan yang digunakan oleh PT Jasamedika Saranatama untuk penggunaan dan/atau pembelian Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada aplikasi, media sosial, dan website PT Jasamedika Saranatama meliputi Bottis secara kolektif dan/atau aplikasi, media sosial, website lainnya yang mungkin PT Jasamedika Saratama miliki dan/atau Kelola dari waktu ke waktu.

1.1.15.  Website

Adalah situs resmi PT Jasamedika Saranatama (www.jasamedika.co.id) dan Bottis (www.bottis.id) dan/atau aplikasi, media sosial, website lainnya yang PT Jasamedika Saratamaa miliki dan/atau Kelola dari waktu ke waktu.

1.1.16.  Media sosial

Adalah halaman dan/atau akun PT Jasamedika Saranatama meliputi portal penjualan Bottis dalam platform media sosial milik pihak ketiga seperti namun tidak terbatas pada Facebook, Instagram, Linkedin, Twitter, dan Google+.

1.1.17.  Transaksi

Adalah proses Penggunaan Layanan dalam pembelian Layanan.

1.1.18.  Metode Pembayaran

Adalah sistem atau cara pembayaran yang disediakan oleh PT Jasamedika Saranatama untuk Pengguna Layanan dalam pembelian Layanan.

1.1.19.  Pembelian Putus

Adalah pembelian tanpa ikatan/batasan waktu.

1.1.20.  Pembelian Kontrak

Adalah pembelian dengan ikatan/batasan waktu.

1.1.21.  Pembelian Subscription

Adalah pembelian secara berlangganan dengan jangka waktu tertentu yang dapat diperpanjang dan diakhiri/dihentikan sewaktu-waktu.

1.1.22.  Add-on

Adalah tambahan modul atau sistem atau lainnya untuk mendukung Layanan.

1.1.23.  Refund

Adalah pengembalian dana atau biaya yang telah dikeluarkan oleh Pengguna Layanan.

1.1.24.  Force majeure

Adalah keadaan memaksa dan/atau kejadian yang berada di luar kekuasaan Para Pihak yang terjadi bukan atas kesalahan dan/atau kelalaian Para Pihak. Termasuk namun tidak terbatas pada; bencana alam, epidemi, kebakaran, perang, pemadaman listrik ataupun tindakan atau kelalaian (termasuk penolakan atau kegagalan menyetujui) dari Afiliasi, Mitra, layanan Pihak Ketiga yang mengakibatkan salah satu pihak tidak dapat memenuhi kewajibannya berdasarkan perjanjian.

1.1.25.  Penafian

Proses, cara, atau perbuatan menafikan (menolak).

 

2. Hak Kekayaan Intelektual

2.1.   Kepemilikan

2.1.1.     Nama, merek, logo, dan segala jenis HKI lainnya atas nama PT Jasamedika Saranatama dan Bottis meliputi Layanan (produk dan Jasa) di dalam situs web www.jasamedika.co.id dan www.bottis.id merupakan milik PT Jasamedika Saranatama dan telah terdaftar di Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual.

2.1.2.     Nama, merek, logo, dan segala jenis HKI lainnya selain dan/atau di luar atas nama PT Jasamedika Saranatama dan Bottis meliputi Layanan (produk dan Jasa) di dalam situs web www.jasamedika.co.id dan www.bottis.id mungkin merupakan milik masing – masing pihak.

2.1.3.     Nama, merek, logo dan HKI lainnya yang merupakan milik masing – masing pihak yang digunakan dalam situs web www.jasamedika.co.id dan www.bottis.id meliputi Layanan di dalamnya tetap menjadi milik masing – masing pihak.

2.2.   Penggunaan

2.2.1.     Dilarang menggunakan nama, merek, logo dan segala jenis HKI lainnya milik PT Jasamedika Saranatama dan Bottis meliputi Layanan (produk dan jasa) beserta afiliasinya tanpa persetujuan tertulis dari PT Jasamedika Saranatama.

2.2.2.     Nama, merek, logo dan segala jenis HKI lainnya di luar kepemilikan PT Jasamedika Saranatama yang digunakan dalam situs web www.jasamedika.co.id dan www.bottis.id telah mendapatkan persetujuan dari masing – masing pihak.

2.2.3.     Penggunaan nama, merek, logo dan segala jenis HKI lainnya milik PT Jasamedika Saranatama dan portal Bottis tanpa persetujuan tertulis dari PT Jasamedika Saranatama dapat berakibat pada penghentian dan/atau pengakhiran penggunaan layanan secara temporer maupun permanen, serta persoalan hukum yang mungkin dapat ditimbulkan.

2.2.4.     Hal – hal yang disebabkan dari penggunaan nama, merek, logo dan segala jenis HKI milik PT Jasamedika Saranatama di luar dari situs web www.jasamedika.co.id dan www.bottis.id di luar tangggung jawab PT Jasamedika Saranatama.

 

3. Hak dan Kewajiban

3.1.       3.1. Hak dan Kewajiban PT Jasamedika Saranatama

3.1.1.     PT Jasamedika Saranatama dapat dan berhak sewaktu – waktu atas kebijakannya sendiri, dengan pemberitahuan sebelum dan/atau setelahnya untuk melakukan perubahan dan/atau pembaharuan Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan.

3.1.2.     PT Jasamedika Saranatama dapat dan berhak sewaktu – waktu atas kebijakannya sendiri, dengan pemberitahuan sebelum dan/atau setelahnya untuk melakukan perubahan dan/atau pembaharuan Layanan.

3.1.3.     PT Jasamedika Saranatama berhak untuk menerima pembayaran atas penggunaan dan/atau pembelian Layanan yang disediakan oleh PT Jasamedika Saranatama. Layanan yang dimaksud disini adalah Produk (berupa software dan hardware), dan Jasa (termasuk namun tidak terbatas pada; biaya konsultasi, survey, pendampingan, dan lainnya diluar bantuan dukungan di dalam situs web seperti; chat, user manual, dan dokumentasi).

3.1.4.     PT Jasamedika Saranatama dapat dan berhak meminta dan mendapatkan informasi – informasi yang diperlukan oleh PT Jasamedika Saranatama dalam penyediaan layanan kepada Pengguna Layanan dan menggunakan informasi tersebut sesuai dengan kebutuhan dan/atau kegunaannya.

3.1.5.     PT Jasamedika Saranatama dapat dan berhak sewaktu – waktu tanpa atau dengan pemberitahuan sebelum dan/atau setelahnya melakukan penghentian atau pengakhiran Layanan yang digunakan oleh Penggunakan Layanan baik penghentian dan/atau pengakhiran sementara maupun seterusnya apabila Pengguna Layanan diketahui telah melanggar Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan/atau tidak memenuhi kewajibannya.

3.1.6.     PT Jasamedika Saranatama dapat dan berhak sewaktu – waktu dengan pemberitahuan sebelum dan/atau setelahnya melakukan penghentian atau pengakhiran Layanan yang digunakan oleh Pengguna Layanan baik penghentian dan/atau pengakhiran sementara maupun seterusnya apabila terjadi kejadian di luar kekuasaan PT Jasamedika Saranatama (force majeure).

3.1.7.     PT Jasamedika Saranatama wajib memberikan atau menyediakan Layanan sesuai dengan jenis Layanan yang telah dibeli dan/atau dibayarkan Pengguna Layanan baik untuk Pembelian Putus, Pembelian Kontrak, maupun Pembelian Subscription

3.1.8.     PT Jasamedika Saranatama wajib memberikan Layanan yang dapat berfungsi dengan baik.

3.1.9.     PT Jasamedika Saranatama wajib memberikan dukungan (support/bantuan) sesuai ketentuan yang tercantum dari masing – masing layanan produk dan/atau yang tercantum dalam surat kesepakatan (Pembelian Putus), surat perjanjian (Perjanjian Kontrak), dan formulir pembelian (Pembelian Subscription) yang telah disepakati Para Pihak dan/atau dibeli atau dibayar oleh Pengguna Layanan.

3.1.10.     PT Jasamedika Saranatama wajib memberikan pemberitahuan sebelum dan/atau setelahnya terkait perubahan dan/atau pembaharuan Layanan dan Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan tersebut diterapkan.

3.1.11.     PT Jasamedika Saranatama wajib menjaga kerahasiaan informasi – informasi Pengguna Layanan yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya.

3.2.       Hak dan Kewajiban Pengguna Layanan

3.2.1.     Pengguna Layanan berhak mendapatkan Layanan yang telah dibeli dan/atau dibayar sesuai dengan yang tercantum dalam ketentuan jenis layanan dan tipe pembelian yang telah dibeli dan/atau dibayar.

3.2.2.     Pengguna Layanan berhak mendapatkan Layanan yang dapat berfungsi dengan baik sesuai dengan jenis layanannya.

3.2.3.     Pengguna Layanan berhak mendapatkan dukungan (support/bantuan) sesuai dengan yang tercantum dalam ketentuan jenis layanan dan tipe pembelian yang telah dibeli dan/atau dibayar.

3.2.4.     Pengguna Layanan berhak mendapatkan pemberitahuan terkait perubahan dan/atau pembaharuan Layanan dan Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan.

3.2.5.     Pengguna Layanan wajib melakukan pembayaran atas Layanan (dalam hal ini software, hardware, dan biaya lainnya) yang telah digunakan sesuai dengan jenis layanan dan tipe pembelian yang telah disetujui dan/atau disepakati oleh Pengguna Layanan dan Para Pihak.

3.2.6.     Pengguna Layanan wajib mematuhi Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan syarat dan ketentuan lainnya yang tercantum di dalam masing – masing jenis layanan dan tipe pembelian.

3.2.7.     Pengguna Layanan wajib memberikan informasi – informasi yang diperlukan oleh PT Jasamedika Saranatama untuk penyediaan layanan.

4.Biaya dan Pembayaran

4.1.   Biaya

4.1.1.     Biaya yang dibayarkan dan/atau dikeluarkan oleh Pengguna Layanan merupakan biaya yang telah ditentukan oleh PT Jasamedika Saranatama (Pembelian Subscription) dan/atau disepakati oleh Para Pihak sesuai dengan yang tercantum dalam surat kesepakatan (Pembelian Putus) dan surat perjanjian (Pembelian Kontrak)

4.1.2.     Biaya – biaya lainnya diluar dari biaya yang telah ditentukan dan/atau disepakati sebelumnya atas Add-on atau kebutuhan lainnya dibayarkan sesuai dengan biaya yang telah ditentukan dan/atau kesepakatan baru

4.1.3.     Biaya dan/atau harga yang telah ditentukan dan/atau disepakati dapat berubah sewaktu – waktu dengan pemberitahuan sebelumnya untuk Pembelian Subscription, dan pemberitahuan dan persetujuan / kesepakatan tertulis terlebih dahulu untuk Pembelian Putus dan Pembelian Kontrak.

4.2.   Pajak

4.2.1.     Semua biaya tertagih kepada Pengguna Layanan di luar Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang akan dibebankan secara terpisah.

4.2.2.     Para Pihak memahami dan sepakat bahwa Para Pihak akan bertanggung-jawab atas pembayaran pajak masing – masing sesuai dengan peraturan pajak yang berlaku di Indonesia.

4.3.   Pembayaran

4.3.1.     Pembayaran atas Layanan yang digunakan dan/atau dibeli oleh Pengguna Layanan dilakukan melalui metode pembayaran yang telah disediakan oleh PT Jasamedika Saranatama.

4.3.2.     Pembayaran yang dilakukan di luar dari metode pembayaran yang disediakan oleh PT Jasamedika Saranatama wajib membuat kesepakatan secara tertulis terlebih dahulu.

4.3.3.     PT Jasamedika Saranatama tidak bertanggung-jawab atas pembayaran yang dilakukan di luar dari metode pembayaran yang telah disediakan dan/atau tanpa kesepakatan secara tertulis sebelumnya dengan PT Jasamedika Saranatama.

4.3.4.     Pembayaran untuk Pembelian Putus dan Kontrak wajib dibayarkan sesuai dengan yang tercantum dalam surat kesepakatan dan surat perjanjian yang telah disepakati oleh Para Pihak.

4.3.5.     Pembayaran untuk Pembelian Putus dan Kontrak paling lambat dibayarkan (jangka waktu) setelah jatuh tempo sesuai yang tercantum dalam surat kesepakatan (Pembelian Putus) dan surat perjanjian (Pembelian Kontrak).

4.3.6.     Pembelian Putus dan Pembelian Kontrak wajib memberikan dan/atau melakukan konfirmasi pembayaran (jangka waktu) setelah proses pembayaran dilakukan.

4.3.7.     Pembayaran dan Konfirmasi Pembayaran di luar atau telah melewati batas waktu yang telah ditentukan akan menghambat proses validasi yang berakibat pada penyediaan Layanan yang telah dibeli dan/atau dibayarkan oleh Pengguna Layanan.

4.3.8.     Pembayaran dan konfirmasi pembayaran subscription terkonfirmasi secara otomatis.

4.3.9.     Pengguna Layanan akan menerima konfirmasi validasi pembayaran selambat-lambatnya (jangka waktu) setelah pembayaran tervalidasi.

4.3.10.     Kegagalan selama proses pembayaran yang diakibatkan atas kesalahan dan/atau kelalaian Pihak Ketiga (payment gateway dan bank dan/atau pihak terkait) di luar tanggung-jawab PT Jasamedika Saranatama.

4.4.   Metode Pembayaran

4.4.1.     Bank transfer; (list nama bank)

4.4.2.     Credit card; (list credit card)

4.4.3.     Virtual Account

4.4.4.     E-Payment; (list e-payment)

4.5.   Refund

4.5.1.     Setiap jenis layanan dan tipe pembelian memiliki syarat dan ketentuan refund atau pengembalian dana/biaya masing – masing yang dapat berubah sewaktu – waktu sesuai kebijakan PT Jasamedika Saranatama dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya. Mohon untuk membaca dengan seksama dari masing – masing jenis layanan dan tipe pembelian.

4.5.2.     Pengajuan refund selambat – lambatnya (jangka waktu) dari yang telah ditentukan dan/atau disepakati dalam syarat dan ketentuan yang tercantum di jenis layanan dan/atau tipe pembelian masing – masing.

4.5.3.     Proses refund sekurang – kurangnya memakan waktu (jangka waktu) setelah proses refund diajukan.

4.5.4.     Pengguna akan menerima konfirmasi refund atau pengembalian dana segera setelah proses refund selesai.

4.5.5.     Biaya administrasi yang dibebankan oleh payment gateway, bank, dan pihak terkait akan dibebankan kepada Pengguna layanan yang akan ditarik dari refund dana Pengguna Layanan.

5. Pernyataan dan Jaminan

5.1.   Pernyataan dan Jaminan

5.1.1.     Para Pihak menyatakan dan menjamin bahwa Para Pihak memiliki kewenangan yang sah secara hukum untuk menandatangani formulir pembelian (Pembelian Subscription) atau surat kesepakatan (Pembelian Putus) atau surat perjanjian (Pembelian Kontrak) dan dokumen – dokumen lainnya yang dibutuhkan terkait pelaksanaan Layanan ini serta melaksanakan kewajibannya berdasarkan yang tercantum di dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan ini dan mempunyai segala izin dan persetujuan dalam menjalankan kegiatan usahanya.

5.1.2.     Para Pihak menyatakan dan menjamin untuk memberikan data dan informasi – informasi yang sebenar – benarnya kepada masing – masing Pihak yang diperlukan untuk berlangsungnya pelaksanaan penyediaan dan/atau pemberian Layanan.

5.1.3.     Pengguna Layanan dengan ini menyatakan dan menjamin tidak akan memindahkan dan/atau memindah tangankan Layanan yang telah disediakan dan/atau diberikan PT Jasamedika Saranatama kepada pihak yang tidak berwenang dan/atau tidak sesuai dengan yang tercantum dalam formulir pembelian (Pembelian Subscription), surat kesepakatan (Pembelian Putus), dan surat perjanjian (Pembelian Kontrak).

5.1.4.     Pengguna Layanan dengan ini menyatakan dan menjamin tidak mengalihkan hak dan kewajibannya, baik sebagian maupun keseluruhan berdasarkan yang tercantum dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan ini dan/atau formulir pembelian (Pembelian Subscription), surat kesepakatan (Pembelian Putus), dan surat perjanjian (Pembelian Kontrak) tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari PT Jasamedika Saranatama.

5.1.5.     Dalam menjalankan Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan ini dan/atau serta syarat dan ketentuan yang tercantum dalam tercantum dalam formulir pembelian (Pembelian Subscription), surat kesepakatan (Pembelian Putus), dan surat perjanjian (Pembelian Kontrak), masing – masing Pihak tidak menawarkan, menjanjikan, menyetujui, dan mengesahkan setiap pembayaran atau pemberian, baik secara langsung maupun tidak langsung, barang atau materi yang memiliki nilai (termasuk namun tidak terbatas pada hadiah, hiburan, makanan, kredit pribadi, atau manfaat lainnya yang tidak dibayarkan pada nilai pasar dan/atau proses transaksi pembelian) yang mempunyai tujuan atau efek penyuapan dan korupsi yang berlaku di Indonesia atau peraturan dan hukum yang melarang setiap tindakan yang melanggar hukum.

6. Pembatasan Tanggung Jawab

6.1.   Pengguna Layanan dengan ini setuju untuk mengganti kerugian dan selamanya membebaskan PT Jasamedika Saranatama dari dan terhadap dan seluruh klaim, kewajiban, tindakan, tuntutan, kerugian, penyelidikan, proses, atau putusan yang akan ditimbulkan atau harus dibayar oleh PT Jasamedika Saranatama sehubungan dengan:

6.1.1.     Tindakan penipuan, kriminal, atau tindakan tidak sah apapun yang dilakukan dengan menggunakan Layanan (produk dan jasa), termasuk namun tidak terbatas pada; software, hardware, dukungan, yang disediakan oleh PT Jasamedika Saranatama kepada Pengguna Layanan baik yang digunakan dan/atau telah dibeli oleh Pengguna Layanan, baik tindakan tersebut dilakukan oleh Pengguna Layanan (sebagaimana adanya), perwakilan, agen, karyawan, maupun kontraktornya.

6.1.2.     Setiap akses tidak sah atau ilegal terhadap informasi rahasia dari Pengguna Layanan dan/atau pelanggan/pasien dari Pihak Ketiga dan pihak – pihak lainnya diluar yang telah disebutkan dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini yang terjadi bukan karena kesalahan atau kelalaian PT Jasamedika Saranatama.

6.1.3.     Setiap tindakan kelalaian atau yang disengaja atau kealpaan oleh Pengguna Layanan (sebagaimana adanya) atau perwakilannya masing – masing.

6.1.4.     Segala pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan oleh Pengguna Layanan dan tidak terbatas atas pelanggaran peraturan perundang – undangan untuk pelaksanaan Penggunaan Layanan

6.1.5.     Setiap kerusakan, atau kehilangan atas software, hardware, maupun dukungan lainnya atau kerugian langsung yang terjadi dan/atau diakibatkan bukan karena kesalahan atau kelalaian PT Jasamedika Saranatama.

6.2.   Kewajiban PT Jasamedika Saranatama atas setiap klaim yang diajukan sehubungan dengan penyediaan dan pemberian Layanan tidak akan melebihi jumlah ataupun nilai yang setara dengan keseluruhan biaya yang telah dibayarkan dan/atau dikeluarkan oleh Pengguna Layanan kepada PT Jasamedika Saranatama dengan pemberian Layanan dalam periode yang telah ditentukan dan/atau disepakati oleh Para Pihak sebelum terjadinya pelanggaran.

6.3.   Pengguna Layanan setuju untuk membebaskan PT Jasamedika Saranatama dari klaim apapun yang timbul sehubungan dengan virus, malware, ransomware, kerusakan, gangguan, atau bentuk lain dari gangguan sistem, termasuk akses tanpa otorisasi oleh Pihak Ketiga dan pihak – pihak lainnya di luar pengendalian PT Jasamedika Saranatama.

6.4.   Pengguna Layanan wajib memberitahu PT Jasamedika Saranatama meliputi portal Bottis dan/atau Afiliasinya sesegera mungkin jika Pengguna Layanan mengalami gangguan system apapun sebagaimana disebutkan di atas sehingga PT Jasamedika Saranatama dapat segera mungkin berusaha memberikan dukungan dan membantu memperbaiki gangguan tersebut.

6.5.   PT Jasamedika Saranatama tidak bertanggung jawab atas kerugian tidak langsung, konsekuensial, insidental atau hilangnya data, penurunan pelayanan, peluang keuntungan, gangguan usaha dan/atau kegiatan atau biaya asuransi terlepas dari apakah kerugian tersebut dapat diduga atau salah satu pihak memperkirakan atau telah diberitahu akan kemungkinan tersebut.

6.6.   PT Jasamedika Saranata tidak bertanggung jawab atas klaim, pengeluaran, kewajiban, ganti rugi atau biaya lainnya yang muncul akibat dari pelanggaran oleh Pengguna Layanan terhadap ketentuan apapun dari Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan, surat kesepakatan, maupun surat perjanjian termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan software dan hardware yang disediakan oleh PT Jasamedika Saranatama yang dipadankan dengan peralatan, perangkat lunak, atau layanan lain, penggunaan mana belum disetujui oleh PT Jasamedika Saranatama atau adanya modifikasi atau perubahan software dan hardware yang disediakan oleh PT Jasamedika Saranatama yang tidak sah.

6.7.   Dalam hal terjadi keadaan memaksa (force majeure), maka pihak yang mengalami hal tersebut wajib memberitahukan secara tertulis kepada pihak lainnya mengenai terjadinya keadaan memaksa (force majeure) tersebut selambat-lambatnya (jangka waktu) terhitung sejak tanggal terjadinya keadaan memaksa (force majeure). Segera setelah diterimanya pemberitahuan tertulis mengenai keadaan memaksa (force majeure) tersebut, Para Pihak akan mengadakan musyawarah untuk menentukan akibat dari keadaan memaksa (force majeure) beserta cara penyelesaiannya.

6.8.   Kelalaian atau keterlambatan dalam memenuhi kewajiban sebagaimana dimaksud di atas oleh pihak yang mengalami keadaan memaksa (force majeure) mengakibatkan tidak diakuinya keadaan yang menimpa pihak tersebut sebagai keadaan memaksa (force majeure).

7. Kebijakan Privasi

7.1.  Penggunaan Informasi

PT Jasamedika Saranatama meliputi portal Bottis hanya mengumpulkan informasi yang diperlukan dengan cara yang sah dan adil dan tidak dalam cara yang mengganggu. Informasi yang dikumpulkan oleh PT Jasamedika Saranatama dan/atau diberikan oleh Pengguna Layanan atas kesadarannya hanya akan digunakan untuk dapat menjalankan bisnis dengan Pengguna Layanan dan/atau memberikan Layanan kepada Pengguna Layanan. Informasi akan digunakan untuk namun tidak terbatas pada hal berikut;

7.1.1.     Identifikasi Pengguna Layanan sebagai Pengguna Layanan yang sah atau sesuai dengan yang tercantum dalam formulir subscription, surat kesepakatan, dan surat perjanjian.

7.1.2.     Kelangsungan, pembaharuan, dan pemutakhiran Layanan.

7.1.3.     Menyediakan informasi yang berkaitan dengan Layanan dan Pengguna Layanan.

7.1.4.     Memenuhi kewajiban undang – undang dan peraturan lain.

7.1.5.     (mohon sebutkan bila ada yang lainnya).

7.2.   Informasi Rahasia.

Informasi rahasia merupakan data dan informasi – informasi yang;

7.2.1.     Diberikan oleh PT Jasamedika Saranatama kepada Pengguna Layanan dan/ataupun oleh Pengguna Layanan kepada PT Jasamedika Saranatama sehubungan dengan pelaksanaan penyediaan dan/atau pemberian Layanan oleh PT Jasamedika Saranatama kepada Pengguna Layanan yang merupakan hak milik dari, mengenai atau dibuat oleh salah satu pihak.

7.2.2.     Mengenai salah satu pihak yang memberikan pihak tersebut manfaat bisnis dan/atau berjalannya pelaksanaan penyediaan dan/atau pemberian Layanan.

7.2.3.     Mengenai kesempatan untuk memperoleh manfaat tersebut atau pengungkapan dari hal mana dapat merugikan pihak tersebut.

7.3.   Informasi Terbuka

Informasi terbuka atau tidak termasuk informasi rahasia merupakan data dan informasi – informasi yang;

7.3.1.     Telah dikuasai oleh pihak yang menerima informasi tersebut sebelum pengungkapan oleh pihak lainnya.

7.3.2.     Telah dikembangkan sendiri oleh pihak yang menerima informasi.

7.3.3.     Diterima oleh salah satu pihak dan Pihak Ketiga tanpa adanya pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan ini, ketentuan dalam formulir subscription, surat kesepakatan, dan surat perjanjian.

7.4.   Para Pihak sepakat untuk tidak mengungkapkan informasi rahasia apapun dari pihak lainnya ke pihak ketiga lainnya tanpa memperoleh terlebih dahulu persetujuan dari pihak lain tersebut dan akan mengambil langkah – langkah yang dinilai wajar guna mencegah pengungkapan informasi rahasia tersebut.

7.5.   Para Pihak sepakat untuk tidak menggunakan, menggandakan, atau mengalihkan informasi rahasia pihak lainnya selain daripada yang diperlukan dalam melaksanakan kewajibannya sesuai dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan, ketentuan layanan ini, tanpa memperoleh terlebih dahulu persetujuan dari pihak lainnya, dan akan melakukan tindakan – tindakan wajar guna mencegah terjadinya penggunaan, penggandaan, atau pengalihan atas informasi rahasia tersebut.

7.6.   Para Pihak sepakat bahwa akses terhadap informasi rahasia tersebut hanya akan diberikan kepada direktur, karyawan, akuntan dan/atau penasihat, Afiliasi atau mitra Para Pihak yang memerlukan akses terhadap informasi rahasia untuk kepentingan pelaksanaan Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan ini dan dengan basis need to know Para Pihak bertanggung jawab atas penggunaan informasi rahasia oleh pihak – pihak tersebut di atas.

7.7.   Data dan informasi – informasi yang termasuk kedalam informasi terbuka dan/atau bukan informasi rahasia atau mengandung informasi spesifik ke pihak tertentu dapat dipergunakan bersama dengan Afiliasi dan Mitra PT Jasamedika Saranatama untuk dikumpulkan dan dipergunakan sebagai analisis trend statistik dalam sektor industri tertentu.

7.8.   PT Jasamedika Saratama berhak mengungkapkan informasi rahasia jika diwajibkan atau diminta atas perintah pengadilan atau oleh otoritas pemerintah manapun.

8. Perselisihan dan Yuridiksi

8.1.   Dalam hal terjadinya perselisihan dan/atau sengketa, Para Pihak sepakat untuk menyelesaikannya secara musyawarah mufakat dalam jangka waktu (jangka waktu) terhitung sejak salah satu pihak menyampaikan pemberitahuan mengenai adanya perselisihan dan/atau sengketa.

8.2.   Apabila perselisihan dan/atau sengketa tidak dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat dalam jangka waktu sebagaimana disebutkan diatas, Para Pihak dengan ini sepakat untuk menyelesaikannya di Pengadilan.